IHT PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS LITERASI NUMERASI DAN TPACK

Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam yaitu konten dibuat lebih optimal agar siswa memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Oleh karenanya guru memiliki keleluasaan untuk memilih dan mengembangkan berbagai perangkat ajar, sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan literasi numerasi dan TPACK . Namun demikian, dalam implementasinya masih cukup banyak guru Sekolah Dasar (SD) yang belum memahami sepenuhnya dan belum memiliki kompetensi yang memadai. Hal ini terlihat dari hasil wawancara dengan guru di salah satu SD di Kota Kediri. Dari hasil wawancara, dinyatakan bahwa sebanyak 7 dari 9 guru belum menerapkan TPACK dan literasi numerasi pada perangkat pembelajaran termasuk pada bahan ajar. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan pendampingan kepada guru tersebut untuk meningkatkan kompetensinya dalam pengembangan bahan ajar inovatif berbasis merdeka belajar.

Berdasarkan uraian di atas, telah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat oleh dosen Program Studi Pendidikan Matematika terhadap guru SDN Dermo 2 Kediri berupa IHT (In House training), pengembangan bahan bahan ajar berbentuk e-LKPD berbasis literasi numerasi dan TPACK yang bertujuan meningkatkan kompetensi guru SDN Dermo 2 Kediri dalam pengembangan bahan ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis (3 November 2022) dan Minggu (6 November 2022) di Ruang A5 Kampus 1 Universitas Nusantara PGRI Kediri. Pada hari pertama, dilakukan kegiatan pemamaparan materi terkait literasi numerasi dan TPACK oleh Dr. Ika Santia, M.Pd, yang dilanjutkan dengan pengembangan e-LKPD pada hari kedua dengan didampingi oleh beberapa dosen matematika (Dr. Aprillia D.H, S.Pd, M.Si; Dr. Suryo Widodo, M.Pd; Dr. Bambang Agus Sulistyono, M.Si, Yuni Katminingsih, M.Pd; dan Dr. Lina Rihatul Hima, S.Si, M.Pd), serta dibantu oleh mahasiswa (Sekar Wulandari, Sephia Rahayu Purnama, dan mahasiswa HIMAPTIKA). Dalam kegiatan tersebut juga diisi oleh perwakilan CV. Prima yang merupakan mitra kerjasama Prodi Pendidikan Matematika. Dalam kesempatan tersebut, Dr. Lina Rihatul Hima, S.Si, M.Pd, selaku perwakilan CV. Prima menuturkan bahwa terdapat hadiah berupa kesempatan menulis dan menerbitkan buku di CV. Prima bagi guru SDN Dermo 2 Kediri yang mengembangkan e-LKPD terinovatif. Hal ini menambah motivasi lebih bagi para guru.

Gambar 1. Pemaparan Materi Literasi Numerasi dan TPACK (Hari Pertama)
Gambar 2. Penandatanganan Kerjasama antara FIKS UNP Kediri dengan
SDN Dermo 2 Kediri
Gambar 3. Pendampingan pengembangan e-LKPD oleh mahasiswa HIMAPTIKA
Gambar 4. Pendampingan pengembangan e-LKPD oleh dosen Prodi Pendidikan Matematika UNP Kediri (hari kedua)

Adapun ketercapaian kegiatan tersebut meliputi: 1) besar peningkatan berupa peningkatan kompetensi guru SDN Derrmo 2 Kediri dalam mengembangkan e-LKPD yang inovatif (berbasis literasi numerasi dan TPACK); 2) peningkatan penerapan IPTEK di masyarakat berupa pengembangan e-LKPD inovatif (berbasis literasi numerasi dan TPACK); 3) perbaikan tata nilai masyarakat dalam bidang pendidikan.

Gambar 5. Ketercapaian Kegiatan IHT Berupa e-LKPD Inovatif
(Berbasis Literasi Numerasi dan TPACK)

(Ika   Santia,   Aprillia   Dwi   Handayani,   Suryo   Widodo,   Bambang   Agus   Sulistyono,   Yuni Katmingsih, Lina Rihatul Hima)